Senin, 27 Juni 2011

who is she?


Ahad, 26 Juni 2011, pada hari tsb saya mengikuti baksos di suatu daerah yang terkenal dengan obyek wisata air terjunnya. Hawanya sangat dingin mirip seperti kota asal saya. Pertamanya sih, saya dijatah meriksa pasien yang anak2, trus karena selanjutnya pasen anak dah abis, lanjut deh pasen dewasa. 

Baru  memeriksa  pasen saya yang ke-2, eh tiba2 ada seorang ibu masuk. Dia duduk di belakang saya. Bertanya2 dalam hati, siapa siy ni ibu. Eh pas mo ngresepin, tiba2 dia (eh, beliau dink), tiba2 beliau mendikte obat2nya, amox paracet OBH. Tambah bertanya2 saya dalam hati, siapakah gerangan? Beliau kemudian berkata kepada saya,”maaf ya bu ya, saya udah punya pengalaman lama disini. Ibu udah praktek di daerah belum? Dah praktek dimana aja?” respon saya seketikaà*speechless*. Aye dipanggil “bu”, gileee tua amat nih aye, padahal di klinik aja pasen gak tega manggil aye ‘bu’ ato ‘doq’ krn aye imut2 (hoeeeek :D). Ni ibu siapa sih ya, dokter sini kali yah. Wadoh, gaswat kalo begonoh! Gak bisa bebas berkreasi neh. Cekaceka. Dan, ternyata benar. Saat memeriksa pasen2 selanjutnya, si ibu mendikte obat2 yg akan saya resepkan. Beh, ini dokternya syape yah, aye apa beliau. Beliau sih slalu bilang ‘maaf’ ke aye pas ndikte obat dengan alasan ‘maaf ya mb, sy udah lama pengalaman disini”. Jadi yaudah, saya berupaya bersikap normal dan berpikiran yang bersih. “iya deh iya bu, saya masih muda, miskin pengalaman”. 
Karena namanya “baksos”, ya otomatis pasen yang dateng ya penduduk setempat. Belum sampe pasien duduk, si ibu menyebutkan pasien ini alergi ini, keluhan yg biasa dikeluhkan ini, bla bla bla. Yah, cengok deh gw. Trus tugas aye disini ngapain yah. Belom ngapa2in pasiennya, si ibu udah kayak jadi penatar gw. Binjun deh gw. Kalo gw diem aja, ntar dikira gw mutung karena beliau ikut campur kerjaan gw. Kl gw bergerak, kok gw kayak diawasin plus didikte2 obatnya gitoh. Otomatislah, hati nurani di balik abdomen gw meronta-ronta. Hwekekek, lebbuay. Tapi aye akuin, tuh si ibu keren coz hapal tiap pasien/penduduk yg dateng. Beliau hapal pasien ini alergi ini ini ini, pasien ini dah lama gini, rencananya dia mo di pap smear, mpe nama lain pasiennya pun, beliau apal. Contoh nih ya, aslinya nama pasiennya ‘paikem’, tapi  karena ni pasien pernah kerja di jakarta, dia ngubah namanya jadi “ika”. Yah, maklum orang desa. He.
Waktu demi waktu berlalu (weissee, kayak dongeng). Lama kelamaan mencium bau aneh deh. Kalo ni ibu tu dokter, napa obat yg dia dikte-in ke aye tu kayak paketan yak (red. Pct amox obh). Gile lu, masak cuman pilek ringan gitu doang mo dikasi antibiotik. Soalnya saya pribadi adalah tipe2 org yg mikir seribu kali kl mo ngasi antibiotik ke pasen anak. Maaf ya bu, sebenernye aye tadi nulis obat2 pilihan aye sendiri, dan bukan yg anda dikte-in.  Trus aneh juga, beliau selalu menyebutkan ‘EBM ke-3’ untuk dasar pemberian obatnya. “EBM ke-3”, ini adalah istilah yang aye dapet dari seorang kawan sy yg jutek entek. Si ibu dasarnya cuman empiris, menurut pengalaman menurut pengalaman. Emg gak selalu jelek siy nggunain EBM ke-3, tp dasar ilmu/ teori/patofis juga penting banget bu bt ngasi obat ini itu. Gak cuman pengalaman. (ceileh, kayak jago patofis aje lu *njenggung kepala sendiri*). Tp aye akuin, yg aye bilang itu bener banget setelah nyemplung nglinik sini situ. Trus yg aneh lg, waktu itu ada pasien yg jelas2 katarak, tp si ibu gak tau. Loh. Syapa sih sebenernya ni ibu. tambah bertanya2 aye dalam hati.
Waktu bergulir (lagi). Dan aye tau tu ibu ternyata syapa. Syapa? Bidan desa situ. Oooooo. Makanya. Tapi, lumayan jago jg siy tu ibu. Salut deh. Apal pasien banget. Meskipun (mungkin) terlalu mengagung2kan ‘pengalaman’nya.
Dan pada hari itu, muncul pertanyaan2 di kepala aye:
1. Emg, seberapa luas sih wewenang bdn? Pasien di luar bumil, bunyusui, Kb, juga ya? Dulu pas sekolah bdn, diajarin jg cr ngobatin pasen dws yah. Bertanya2 gw.
2. Pas itu, aye ngasi resep asam mefenamat buat pasen home visite (pasien nenek 80 taun, tumor di aksila kanan, gak mau operasi, cuma mau nunggu mati). Trus pas balik ke basecamp, obatnya diganti ma si ibu. “Neneknya pake maag apa sesek gak? “ kalo maag sih, otak aye pernah kecantolan kl fenamat emg ngiritasi lambung. Kalo sesek? Knp yah? Dah aye cari di OOP ma farmasi UI, kagak ada yah yg nyebutin berkaitan dengan sesek. Mbesesek kali ya yg si ibu maksud. Hufh, selalu saja, msh  butuh banyak belajar.

Oiya, di tengah baksos, saya sempat kedapatan pasen seorang cewek remaja pingsan setelah maenan air di air terjun. Kawan aye nensi si cewek, tensinya 100/60 kalo gak salah. Ni cewek kenape. Pas sadar, aye tanyain udah sarapan ape belom, dia bilang udah. Kali hipoglikemi. Pas dateng, kawan2nya bilang si cewek asma. Tp pas diperiksa, no wheezing. Bersih. Riwayat asma juga gak ada. Ternyata eh ternyata....ni cewek pingsan cuman krn hipotermia abis cebur2an. Bu bidan sering nemuin 5-6 orang hipotermi kayak gitu dalam waktu bersamaan. Udah biasa terjadi disitu ternyata. Makanya mbak, kalo mo cebur2an, jaketnya dipake dulu. Trus bu bidan, ambil tungku dr dapur. Bukan tungku dink, lebih tepatnya kompor minyak. Trus kaki si cewek dipanggang di atasnya. Perlahan keadaan umumnya membaik. Wah, pengalaman baru......ilmu baru nih. Makasih bt bu bidan dah. He

5 komentar:

  1. maaf ya, saya tidak jutek.
    hanya saja menurut saya, tolong itu untuk sesuatu yang berbau gratisan dan jika kita membayar itu berarti memang tugasnya untuk memberikan pelayanan.menurut anda knp dia digaji??
    cmiiw

    BalasHapus
  2. ini bukan sebatas masalah duit,tp bgmn membangun habluminannas yg baik. sancai sancai. Kl kyk gini, ente mirip sama salah 1 org yg sdkanyeb.

    BalasHapus
  3. Kal0 kata saya,ini menyangkut masalah pr0fesi0nalisme kerja.apakah anda mengharapkan pasien anda mengucapkan kata t0l0ng saat periksa pada anda? /|\ amitabhaa...k0s0ng adalah isi,isi adalah k0s0ngi0nalisme kerja.apakah anda mengharapkan pasien anda mengucapkan kata t0l0ng saat periksa pada anda? /|\ amitabhaa...k0s0ng adalah isi,isi adalah k0s0ng

    BalasHapus
  4. Hubungan antara 'Rasa penghargaan' terhadap sesama umat manusia dengan 'profesi/pekerjaan' bagaikan 'paket KFC'. Ada paket "profesi+rasa penghargaan", ada pula profesi dan rasa penghargaan yang terjual terpisah. Mungkin anda sudah tau mana yg sy maksud 'profesi paketan' dan yg 'bukan paketan'. Dan mungkin jika anda berperan sebagai yg 'bukan paketan', anda akan bisa merasakan kenyamanan hati dari kata 'tolong'.

    Backsong: 'menjaga hati' by yovie and the nuno.

    BalasHapus
  5. saya baru tau ada pembagian profesi seperti itu??dan saya tidak mengerti maksud anda
    amitabhaaa....
    mulia sekali hati anda
    sancai sancai....
    kosong adalah isi, isi adalah kosong

    BalasHapus