Jumat, 17 September 2010

Ujian Pasti Membawa Hikmah

Setengah jam sebelum ujian 
masih nangkring di kos, tiba2 dapet sms yg mengabarkan bahwa satu-satunya kawan yang 1 penguji denganku baru saja kecelakaan! innalillahi wa innailaihi raji'un.

10 menit sebelum ujian
Ngeluarin motor. brak! Bagian belakang motor nubruk pipa ledeng yang ada di luar rumah. Patah deh. Airnya mancur keluar deres banget. panic attack! Akhirnya bersusah-susah membuat tampon dari plastik kresek, lepas2 mulu. Akhirnya tampon aku fiksasi pake garpu makan. huph. Kita liat apakah hafalanku ilang gara2 kesiram air ledeng sama kayak jas koasku yang basah kuyup keciprat-cipratan air tadi.

Ujian mode : on
Terakhir sebelum masuk ruang penguji, aku baca materi mola hidatidosa. Saat masuk... panas dingin.
lupa, terbalik-balik, ------------------------
Ujian berakhir dengan sebuah janji suci. Tanggal 7 Oktober aku harus menguasai semuanya, sampai sekecil-kecilnya. Aku harus belajar dengan cara berdiskusi (pesan pengujiku).
gimana ni gimana ni gimana ni!!!!!!!!!!!!!!!!
Ngomong sama orang aja gak pernah, apalagi diskusi, hua bapaaaaaak. siapa yg bisa aku ajak diskusi sebelum deadline itu coba. Lagian mana ada yang mau diskusi sama anak sebodoh dan seaneh aku. Ya Allah help me please. panic attack.
Coba kalau keluargaku ada yang dokter...
Masih terngiang-ngiang...
penguji tadi bilang, "kamu gak belajar ya?"
Omigot, kemarin aku gak main, kemarin aku pegang buku, kemarin aku ngapalin miom, kemarin aku baca kelainan mens (tapi terakhir baca dah kemarin pagi)! Aku mau membela diri kalo aku kemarin bener2 belajar juga dah gak bisa. Udah skakmat.

huks. Semua itu pasti ada hikmahnya ya ya Allah. Huph, memang aku cuma tau superfisial aja, gak tau jalannya/prosesnya/gimana itu bisa itu/trus itu bisa nyebabin ini. Pengetahuan patofisiologi yang amat buruk. Malu2in aja kalau mau diskusi sama orang lain.

Teringat Encil yang kemarin siang ngasi aq modal, "Di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin"
Teringat seorang dokter spesialis obgyn RS Boyolali minggu lalu,"Dulu saya gak lulus ujian sama beliau."
Padahal menurutku dokter itu cerdas, tapi kenapa gak lulus. Trus kalo orang yang biasa2 aja kayak aku gini jadi gimana ntar? sisi bijakku sih bilang,"positif thinking aja. Allah itu menuruti persangkaan hambaNya."

udah udah udah, cukup! gak da gunanya bawel jari mulu di sini! tidur dulu menenangkan diri. Abis tidur, baru nyuusun strategi belajar yang lebih ampuh. Ya Allah, turunkan petunjukMu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar